Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Download

Rumah Pangan

e-petani

Badan Litbang

Highlight

banner1
banner2

Kalender Kegiatan

coba

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
MKRPL bergema di Minahasa Utara PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh adminsulut   
Senin, 19 Maret 2012 08:05
Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL) kembali bergema di Kabupaten Buah, Minahasa Utara. Sosialisasi sehari, pada 15 Maret 2012 Ruang Pertemuan Kantor Bupati Minahasa Utara,  dibuka oleh Assisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wilhelmina Dimpudus, SPd, MPd. 
Bupati Minahasa Utara Drs. Sompie Singal, MBA bertekat menjadikan Minahasa Utara, sebagai Kabupaten Pangan dan Buah-buahan di Sulawesi Utara. Dalam sambutannya saat Sosialisasi M-KRPL beliau mengatakan bahwa jangan cuma di salah satu desa contoh, tapi akan didorong semua desa di Minahasa Utara ikut dalam kegiatan ini. Bupati memberikan perhitungan potensi dari kegiatan ini jika 70.000 Kepala Keluarga di Minahasa Utara setiap hari harga rempah-rempah campur @ Rp.5000, bila dikalikan 1 tahun masyarakat dapat menghemat jutaan rupiah dalam satu desa. 
Dalam forum diskusi, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kab. Minahasa Utara menanyakanapakah dana kegiatan untuk 1 kecamatan atau lebih dan bagaimana untuk dikembangkan di kecamatan masing-masing. Kepala Balai menanggapi bahwa Di Tahun 2012, MKRPL diselenggarakan di 11 (sebelas) kabupaten/kota. Salah satunya di Kabupaten Minahasa Utara akan dipilih dari 3 kecamatan yaitu : Kec. Talawaan, Dimembe dan Kalawat. Kebun Bibit yang nanti sebagai penyalur kebutuhan bibit bagi anggota. 
Kepala Balai juga menambahkan bahwa “Gerakan Sentuh Tanah” (S.H. Sarundajang, red.), Air dan Budaya sangat mengena dengan kegiatan ini dan jika Menteri Pertanian berkunjung ke suatu propinsi, salah satu objek utama yang dikunjungi adalah kegiatan MKRPL.
Di sesi selanjutnya, Rita Novarianto sebagai Penanggung Jawab Kegiatan MKRPL Minahasa Utara sudah menindak lanjuti kegiatan MKRPL dengan mengunjungi calon lokasi Kecamatan terpilih termasuk Kecamatan Dimembe. 
(Sumber: Rita Novarianto dan Jany Sumampouw, Maret 2012).

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com