Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Download

Rumah Pangan

e-petani

Badan Litbang

Highlight

banner2
banner1

Kalender Kegiatan

coba

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Kebun Bibit Desa KRPL Tomohon salurkan Kelapa Genja Raja PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh adminsulut   
Senin, 10 September 2012 09:09
Tomohon, M-KRPL Taratara

Pertemuan ibu-ibu PKK di Kelurahan Taratara III yang diikuti oleh 20 peserta MKRPL yang saat itu membahas tentang cara pembuatan media tanam.Pada kesempatan tersebut, kordinator M-KRPL kota Tomohon Ir. Louise A. Matindas,MP. dan Tim Kerja (1/9) menyerahkan hasil Kebun Bibit Induk (KBI) berupa Kelapa Genja Raja. 20 anggota ibu-ibu masing-masing mendapatkan satu tanaman, "bila sudah ditanam akan ditambah sesuai ketersediaan bibit".

Menurut Matindas, Kebun Bibit Induk (KBI) tahap awal telah membibitkan 300 biji kelapa Genja Raja untuk di kembangkan di M-KRPL yang tersebar di 11 kabupaten Kota di Sulawesi Utara. TahapĀ  kedua KBI sudah menyiapkan lahan untuk 500 benih yang akan dibibitkan.

Penyerahan kelapa Genja Raja, dimaksudkan untuk memperkenalkan teknologi inovasi Litbang Pertanian pada komoditas Perkebunan, yang dikembangkan oleh para pakar perkelapaan di Balai Penelitian Kelapa Mapanget. Dengan ditanammnya kelapa genja raja, akan mendorong ibu-ibu PKK dalam beraktivitas di halaman, ujar salah satu ibu PKK.

Ibu-ibu sangat antusias mengikuti pertemuan apalagi dengan mendengar keunggulan tanaman kelapa genja raja yang diterima mereka. Kelapa genja raja memiliki keunggulan unur genja 2-3 tahun dengan perawatan baik, sudah berbuan. Buah tanaman menyentuh tanah dan besar-besar ujar Demaks Masuara ketika menjelaskan keunggulan tanaman kelapa Genja Raja kepada ibu-ibu. Dengan menggali lobang tanam 60 x 60 x 60 serta menambahkan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1, serta pemberian furadan untuk menekan perkembangan pengganggun tanaman, pasti pertumbuhan akan lebih baik dan cepat berbuah, ujar Demaks.(*art)














LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com