Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Download

Rumah Pangan

e-petani

Badan Litbang

Highlight

banner2
banner1

Kalender Kegiatan

coba

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
BPTP Sulut Mengembangkan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) Kabupaten Minahasa Utara Di Dokumentasi TVRI PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh adminsulut   
Rabu, 19 September 2012 14:29
Apresiasi dan Temu Lapang M-KRPL di Kabupaten Minahasa Utara kemarin 18 September 2012 bertempat di Desa Dimembe Kecamatan Dimembe, dibuka oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Ir.Meiske Wangania, MSi berlangsung sukses. Dengan dihadiri oleh Kepala BPTP Sulawesi Utara (Ir. Bahtiar, MS), Penjab Kegiatan M-KRPL Minahasa Utara (Ir. Rita Novarianto, M.Si), Sek. BP4K (Berti Ngangi, SP), Camat Dimembe (Ventje Parengkuan, S.Sos), Kepala BP3K Dimembe bersama Hukumtua Dimembe (Johanis Tuwaidan), Penyuluh dan Peneliti dari BPTP Sulawesi Utara bersama Rumah Tangga (RT) Pelaksana M-KRPL, Tim Penggerak (TP) PKK Kab. Minahasa Utara, TP PKK Kec. Dimembe, TP PKK Desa Dimembe serta Kelompok Tani sekitar dan masyarakat.
Pada sambutannya, Kepala BKP Minahasa Utara (Ir.Mesike Wangania,M.Si), menyatakan bahwa melalui kegiatan ini ketahanan pangan Rumah Tangga bisa dipertahankan baik dari aspek kualitas maupun kuantitas, aman dan terjangkau untuk keluarga. Kebutuhan ketahanan pangan tersebut dapat terpenuhi baik dari aspek distribusi maupun aspek konsumsi, selain diupayakan dapat berhasil dan berkelanjutan. Kepala BKP juga mengharapkan seluruh penyuluh akan menunjang kegiatan M-KRPL BPTP Sulawesi Utara, dan jangan hanya karena ada dana penunjang. Pada kesempatan tersebut, Ibu Meis menyatakan bahwa melalui APBD Minahasa Utara telah disiapkan dana untuk 10 Kelompok Tani di Kabupaten Minahasa Utara. Masing-masing 1 Kelompok Tani setiap kecamatan sejumlah Rp. 2.000.000,- dan masih menjanjikan akan ditambah jika disetujui Dewan melalui APBDP.
Kepala BPTP Sulawesi Utara (Ir. Bahtiar, MS) sangat memberikan apresiasi kepada Ibu Debby Manua (Ketua RT Pelaksana M-KRPL). Karena kontribusi yang diberikan bagi Rumah Tangga Pelaksana dan Masyarakat sekitar sangat baik dan mengangkat nama BPTP Sulawesi Utara. Hal ini dapat dilihat dari produknya diminati oleh Usaha Rumah Makan, dan masyarakat sekitar. Walaupun dalam membangun Kawasan Rumah Pangan Lestari, besar anggarannya; sampai 1 jutaan, namun hanya dari hasil penjualan 3 komoditas sayuran saja (Caisin, Bayam dan Kangkung Darat), mencapai Rp 700.000,-
Pada kesempatan ini Beliau juga telah menyerahkan bantuan berupa bibit (Cabe, Terong dan Mentimun) kepada TP PKK Kab. Minahasa Utara, TP PKK Kec. Dimembe, TP PKK Desa Dimembe, serta kepada Kelompok Tani Bersatu (Polybag dan bibit). Selain itu Kepala BPTP Sulawesi Utara juga menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Hukumtua Desa Dimembe (Johanis Tuwaidan) dan Ibu Debby Manua, atas kontribusi positif kepada kegiatan BPTP Sulawesi Utara dalam menunjang M-KRPL di Kabupaten Minahasa Utara.
Kepala BPTP Sulut juga menyatakan bahwa Televisi Republik Indonesia (TVRI) telah banyak memback-up kegiatan BPTP Sulawesi Utara, termasuk kegiatan M-KRPL ini. Sebagai Catatan, Dokumentasi TVRI merupakan kegiatan Media Elektronik (PJ Ir.Richard Reppi).















Sumber: Janny Sumampouw,SPi 180912
LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com