Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Download

Rumah Pangan

e-petani

Badan Litbang

Highlight

banner1
banner2

Kalender Kegiatan

coba

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Dalam Program KKP3N: IPB Sosialisasikan Pengembangan Agrowisata Terpadu di Kota Tomohon PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh adminsulut   
Selasa, 28 Mei 2013 14:04
Tim kerja  dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor (LPPM IPB) bekerjasama dengan Kemitraan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Nasional (KKP3N), Kementerian Pertanian, Jumat 24 Mei 2013, mesosialisasikan Pengembangan Agrowisata Terpadu Model ABGC (Academisian-Bussiness-Govermment-Community) di Kota Tomohon.

Walikota Tomohon Jimmy Eman SEAk, diwakili Kepala Bappeda Ir. Joyke Karouw,MSi. ketika memaparkan potensi pengembangan bunga dan tersediannya lahan pertanian untuk mendukung iven pariwisata yaitu festival bunga berskala international. Potensi lainnya dimana kota Tomohon memiliki kekayaan alam seperti danau linow dengan panorama warna-warninya air, agrowisata Rurukan dengan tanaman hortikultura yang menghiasi kontur-kontur gunung Masarang dengan teampratur dingin, keragaman budaya agama, sekolah-sekolah dari TK sampai perguruan tinggi. Walikota dalam sambutan, juga menguraikan kekayaan budaya kota Tomohon, dimana kota Tomohon sebagai representasi keseluruhan Tanah Minahasa, karena kekayaan budaya dan alamnya.

Sosialisasi yang dilaksanakan di aula kantor walikota, Karaouw juga menjelaskan tentang potensi pariwisata pertanian seperti bunga, dimana sumber teknologinya yang di introduksikan oleh Litbang Pertanian, sangat mendukung pelaksanaan TIFF (Tomohon International Flower Festival) dimana ajang ini sudah menjadi program Nasional dan telah melambungkan Tomohon sehingga dikenal Indonesia dan Dunia.

Walikota mendorong para peserta untuk aktiv dalam kegiatan ini, berikan masukkan yang baik karena ini semata untuk kota Tomohon, walikota berharapdengan pertemuan awal ini, akan membuka peluang pengembangan dan menjadi referensi dalam penataan kota Tomohon kedepan.

DR.Ir.Afra DN. Makalew,MSc. sebagai ketua tim, berharap agar dari pertemuan awal ini, akan mendapatkan masukkan-masukan untuk selanjutnya menjadi bahan penelitian untuk menghasilkan model pengembangan Agriwisata di Kota Tomohon yang kita cintai.

Dalam pertemuan FGD ini diikuti oleh: Kepala BAPPEDA Kota Tomohon, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Tomohon, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Bank Indonesia Cabang Tomohon, LSM, KTNA, Asosiasi Bunga Kota Tomohon, Pengelolah P4S, Tokoh-tokoh masyarakat, pemuka-pemuka Gereja, BPTP Sulawesi Utara, Kabag SDA Kota Tomohon, Kabag Perekonomian.

Tim Kerja: Dr.Ir. Afra DN. Makalew,MSc. Dr. Ir. Ai Dariah,MSc. Ir.Qodarian Pramukanto MSi. Dari IPB, Dr.Ir. Lientje Karamoy,MSi. dan Ir. Josea Singgano dari Unsrat Manado. (*artur)

Sumber: Arnold C. Turang ( Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya )

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com