Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Download

Rumah Pangan

e-petani

Badan Litbang

Highlight

banner2
banner1

Kalender Kegiatan

coba

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Situs Web BPTP SULUT
40 Tahun Badan Litbang Pertanian di Maknai dengan Panen Inpari-28 di Minahasa Kerjasama dengan PKT dan BP4K Minahasa PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Administrator   
Rabu, 15 Oktober 2014 16:47

Koya Minahasa---Rangkaian perayaan HUT Ke-40 Badan Litbang Pertanian, dimaknai dengan: Panen Perdana dan Temu Lapang Pemupukan Berimbang, kegiatan kerjasama BPTP Sulawesi Utara bersama Pupuk Kalimantan Timur (PKT) dan BP4K Minahasa.

BPTP Sulawesi Utara sesuai dengan Visi dan Misi, berupaya terdepan dalam memberikan pelayanan Teknologi Inovasi Spesifik Lokasi. BPTP, menyambut baik kerjasama Demplot Pemupukan Berimbang yang dijalin bersama ini, mengingat kerjasama penting dalam mencapai sukses P2BN.

Menjawab keterbatasan benih padi Unggul di Minahasa, BPTP sesuai dengan permintaan BP3K Tondano Selatan, mendatangkan Inpari-28 dari Balit Padi Sukamandi, dengan harapan dapat berkembang di Minahasa. Benih 20 kg yang didatangkan, dikembangkan melalui kegiatan Demplot Pemupukan Berimbang mendukung SL-PTT Padi Sawah di Minahasa.

Tampilan tanaman yang baik, walau menghadapi kondisi cuaca yang relatif kurang bersahabat (karena panas), Inpari 28 mampu melalui hingga hari ini telah dilakukan panen Perdana oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa bersama Pupuk Kalimantan Timur (PKT).

Hasil perhitungan ubinan dari 3 versi : Versi pengalaman petani dalam hal menghitung, hasil diperkirahkan hanya sekitar 7,2 ton per hekto are; Versi BP4K ubinan 2,5 x 2,5 hasil 8 ton per hekto are dan hasil perhitungan tim BPTP dengan ubinan 10m x 10m, mendapatkan hasil 7,5 ton per hekto are. Hasil yang dicapai walau dalam kondisi yang relatif kurang baik, namun dari potensi Inpari-28 dapat mencapai 9 ton per hekto are, sudah cukup lumayan imbuh petani pelaksana.

Kegiatan Panen perdana dan peringatan 40 tahun Badan Litbang Pertanian di Minahasa, dihadiri langsung dari PT. Pupuk Kaltim Kepala Penjualan Sulawesi 2 Tumpal Pangabean, Kepala Penjualan Sulut Gorontalo Malut Yohanes Arief, Kepala Distribusi Sukiman Ahmad, Kepala BPTP Sulut, Kepala BP4K Minahasa Ir.Suhban F.Torar, Kadis Pertanian dan Peternakan Minahasa, Camat Tondano Selatan Robert Ratulangi, Lurah Koya, Ketua-Ketua Kelompok se Tondano Raya, Kepala-Kepala BP3K se Tondano Raya, Kelompok-kelompok tani sekitar, Peneliti dan Penyuluh di BPTP Sulawesi Utara.(*at)

Ikuti: Deskripsi Inpari 28 http://www.litbang.deptan.go.id/varietas/one/846/

LAST_UPDATED2
 
Inpari 28 Tumbuh Bagus di Minahasa PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Administrator   
Selasa, 14 Oktober 2014 08:55

Minahasa,Poktan Maleo-leosan. Kegiatan kerjasama BPTP Sulawesi Utara bersama Pupuk Kalimantan Timur (PKT) dan BP4K Minahasa memasuki fase siap panen.

Kegiatan tersebut menggunakan teknologi Pengelolaan Tanam Terpadu (PTT) dengan menggunakan pupuk NPK Pelangi Agro dan Zeorganik dari PKT.

Rekomendasi teknologi PTT dengan pendampingan langsung oleh BPTP Sulawesi Utara. Teknologi penggunaan Varietas Unggul Baru Inpari 28, Tanam umur Muda (14-15 hari setelah semai), Sistim Jajar Legowo, 1 tanaman dalam satu rumpun. Pendampingan teknologi dalam mengaplikasikan pemupukan. Baik waktu aplikasi pupuk Zeorganik sebelum menanam, Aplikasi NPK pada waktu umur 10-15 hari setelah tanam dan saat umur 25 hst.

Dalam kondisi relatif ekstrim karena masuk pada periode bulan panas, namun pertumbuhan dapat melewatinya dengan segala perjuangannya. Sampai saat ini kondisi tanaman cukup baik dan siap di panen.

Dalam lahan luas sekitar 2 Ha, Inpari 28, sudah mampu menggugah hati para petani yang setiap paginya melewati lokasi ini. Bahkan dari penuturan petani pelaksana, saat kepala BPTP Sulawesi Utara Dr.Ir.Abdul Wahid Rauf,MS., saat melakukan peninjauan keadaan tanaman, mendapat banyak permintan benih dari petani yang berada di sekitar lokasi.

Kegiatan ini mendapat respons positif dari Pemerintah Minahasa dalam hal ini melalui kepala BP4K Minahasa. Bahwa harapan mereka, semoga kehadiran Inpari 28 yang bagus di Minahasa, dapat menjadi sumber benih bagi petani dan akan berkembang dengan baik. (*art)

LAST_UPDATED2
 
Artikan Tahun Emas Sulawesi Utara dan 40 Tahun Badan Litbang Pertanian melalui Pertemuan Ilmiah Dengan Tema " Inovasi Pertanian Mendukung Bio Industri Pertanian PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Arnold   
Kamis, 09 Oktober 2014 09:01

Hotel Quality Manado, 9 Oktober 2014--- Kami pemerintah Sulawesi Utara memberikan apresiasi kepada Badan Litbang Pertanian melalui, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Utara. Di Tahun Emas Sulawesi Utara, Badan Litbang Pertanian menghadirkan kegiatan Seminar Regional dan kami melihat yang hadir dari berbagai daerah, bukan saja dari Timur, tapi juga ada yang di luar kawasan Timur. Kami menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini, kata Ir. Jefri P.Senduk, Kepala Badan Kordinasi Penyuluhan Pertanian (Bakorluh) Sulut, mewakili Gubernur Sulawesi Utara.

Acara Seminar Regional Kawasan Timur Indonesia, merupakan kegiatan pertama di tahun 2014, ditengah merayakan HUT ke 50 (Tahun Emas) provinsi Sulawesi Utara dalam rangka memantapkan pengkajian dan penyuluhan yang dilaksanakan oleh BPTP Sulawesi Utara.

Lebih lanjut dikatanan, hendaknya kegiatan ini dijadikan momentum untuk akselerasi dan konsolidasi dalam menghimpun konsep dan model bioindustri berbasis komoditas, mewujudkan inovasi teknologi pertanian yang mendukung pengembangan bioindustri berbasis komoditas.

Sementara kepala BPTP Sulawesi Utara Dr.Ir.Abdul Rauf,MS. Dalam sambutan berterima kasih pada semua peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Seminar Regional yang dirangkai dengan perayaan HUT ke 40 Badan Litbang Pertanian dan 50 Tahun Provinsi Sulawesi Utara.

Rangkaian kegiatan pekan Aggro Inovasi yang telah dilaksanakan dan akan dilaksanakan sudah diawali dengan kegiatan bersama TNI Pertamina dan KGM, di Kakas (7/8/14), Temu Ilmiah saat ini dan tanggal 15 Oktober 2014 kegiatan Temu Lapang di Minahasa. Dan puncak acara secara Nasional dilaksanakan di Jakarta pada bulan Nopember nanti.

Temu Ilmiah ini merupakan sarana dan forum silaturahmi para peneliti, perekayasa dan penyuluh, baik penyuluh di BPTP juga para penyuluh di daerah, dan pihak perguruan tinggi di daerah untuk melakukan diskusi dan tukar menukar innovasi untuk menjawab kebutuhan masyarakan.

Kepala Badan Litbang Pertanian melalui BBP2TP yang diwakili oleh Ir. Rahmat Handayani,MS. ketika menjadi pemakalah utama bersama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat= PPM Unsrat Manado. Dalam memaparkan Pokok-Pokok Pikiran Pengembangan Kawasan Pertanian Bio Industri Berwawasan Sumberdaya Lokal, mendapat sambutan menarik dari para peserta, mengingat apa yang disampaikan merupakan inovasi baru bagi peserta.

Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta terdiri dari 87 Peneliti dan penyuluh dari Badan Litbang, Perguruan Tinggi, Para Penyuluh Pertanian di Minahasa, Kota Tomohon,Kota Bitung, Kota Manado, Minahasa Utara.

Kegiatan ini dihadiri oleh: Ketua LPPM Unsrat Manado Prof.Dr.Ir.Inneke F.M.Rumengan,MSc., Mewakili Kepala Badan Litbang Pertanian, Kadis Pertania dan Peternakan  Provinsi Sulawesi Utara. (*art).

LAST_UPDATED2
 
Gelar Teknologi Kedelai di Minahasa Tenggara PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Arnold   
Rabu, 01 Oktober 2014 12:11

Kali Oki 30 September 2014, BPTP Sulawesi Utara setelah melakukan kanjian teknologi VUB Kedelai Selasa 30 September 2014 melakukan Gelar teknologi yang di laksanakan di desa Kali Oki Minahasa Tenggara. Kegiatan ini dirangkai dengan 40 tahun Badan Litbang Pertanian dan di formulasi kegiatan Pekan Agro Innovasi.

Tujuan kegiatan ini adalah meragakan Varietas Unggul Baru (VUB) kedelai produk dari Badan Litbang Pertanian. Varietas-varietas yang di ragakan atau di Show Windowkan meliputi : Varietas Anjasmoro, Varietas Grobogan (http://balitkabi.litbang.deptan.go.id/varietas-unggul/vu-kedelai/109-lokal-grobogan.html) dan Argomulyo.

Lokasi dilakukan kegiatan, ditempatkan di lokasi dimana pengembangan Kedelai yang ditetapkan dinas pertanian setempat. Dimana untuk Minahasa Tenggara alokasi kegiatan SL-PTT Kedelai luas 500 ha. Kegiatan show Window yang dilakukan oleh para pengkaji di BPTP adalah mendukung kegiatan SL-PTT. Dengan harapan produksi dari 3 varietas yang diragakan akan menjadi cikal bakal berkembangnya benih-benih unggul ini di Minahasa Tenggara.

Menurut Peneliti di BPTP Ir. jenny Tamburian, MS., dengan Show Window ini, petani akan melihat dengan nyata varietas-varietas mana yang lebih baik untuk di kembangkan kedepan oleh kelompok. Karena varietas yang di bawa BPTP, masih varietas unggul yang didatangkan langsung dari Balitkabi Malang. Potensi hasil 2T/ha. bila dikelolah dengan baik sesuai dengan prosedur bididaya yang sudah kami terapkan.

Teknologi budidaya yang diterapkan meliputi: penggunaan VUB yang baik dan homogen, perlakuan Legin saat menanam, jarak tanam 30cm x 40cm, 1 tanaman per lobang dan ditutup dengan pupuk organik. Melakukan pemupukan tepat waktu dan tepat dosis serta tepat cara yang sudah diragakan bersama petani. Teknologi budidaya secara umum dapat mengacu pada:                                      (http://balitkabi.litbang.deptan.go.id/images/PDF/teknologi%20produksi%20kedelai%20di%20lahan%20kering%20masam.pdf)

Kegiatan Pekan Agro Inovasi, khusus kedelai di desa Kali Oki, dimulai sejak tanggal 26 September, dengan kegiatan, pelayanan terhadap petani terkait dengan kegiatan budidaya kedelai yang di show windowkan di lokasi. Petani-petani sekitar mendapatkan penjelasan dari tim kerja seputar kegiatan budidaya kedelai. desa ini termasuk daerah pengembangan, namun masih sangat minim pengetahuan tentang budidaya kedelai.

Beberapa pendapat dari petani: mereka begitu kagum dan berupaya pada periode berikutnya sudah dapat mengembangkan varietas ini. Menurut ketua kelompok pak Johanes Polandos, bila ada pendampingan lagi, petani bersedia mengembangkan lebih besar, untuk memenuhi kebutuhan benih yang sudah direncanakan Dinas Pertanian 500 ha, pada periode berikut.

Kegiatan Temu Lapang yang dihadiri oleh perwakilan KTNA di Minahasa Tenggata, Stakeholder terkait dan petani sekitar lokasi, menjadi awal yang baik untuk menghadapi 500 ha yang telah ditergetkan oleh Dinas Pertanian Minahasa Tenggara. Karena dengan melihat dan mengikuti pertemuan pada Temu Lapang ini, petani banyak mendapat pengetahuan untuk berusaha Kedelai. (*Artur).

Sumber: Jeni Tamburian.

LAST_UPDATED2
 
Sekretaris Badan Litbang Membuka Worshop TIK di Yogjakarta PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Administrator   
Kamis, 11 September 2014 10:03

 

Yogyakarta,--Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) mengadakan Apresiasi Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Lingkup Badan Litbang Pertanian 2014. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 100 an peserta dari 66 Satuan kerja (Satker) Badan Litbang Pertanian di Indonesia.

Acara dilaksanakan di Crystal Lotus Hotel Yogjakarta. Pembukaan melalui media teleconverence, Sekretaris Badan Dr.Ir.Agung Hendryadi,M.Eng. Sekretaris badan berada di Jakarta dan Peserta Berada di Yogjakarta. Terobosan ini merupakan jawaban Badan Litbang Pertanian dalam menerawang kedepan: bahwa teknologi IT harus dikuasai bila mau jadi terdepan.

Harapan Sekretaris Badan Litbang Pertanian supaya para peserta yang ikut untuk merumuskan strategi Pengelolaan TIK di Renstra Baru tahun 2015-2019. Sehingga kedepan pengelolaan TIK dapan memberikan pelayanan yang baik pada pengguna Teknologi Informasi dan Komunikasi terkait dengan pertanian kedepan. Pertemuan ini harus menghasilkan rumusan dan akan dibahas pada Raker badan Litbang Pertanian.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com