Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Download

Rumah Pangan

e-petani

Badan Litbang

Highlight

banner1
banner2

Kalender Kegiatan

coba

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Situs Web BPTP SULUT
BPTP Fasilitasi Bimtek DUPAK Penyuluh Se Sulawesi Utara PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Administrator   
Jumat, 18 April 2014 08:30

Kamis, 17 April 2014, Para Penyuluh Pertanian di BPTP Sulawesi Utara, menfasilitasi Bimbingan Teknis (BIMTEK) Penilaian Angka Kredit bagi para Penyuluh pertanian. menurut kepala BPTP Sulawesi Utara, Ir. Bahtiar,MS. Ketika rencana ini di utarakan, saya mendukung 1000%, mengingat permasalahan para penyuluh terhambat dalam menyusun PAK untuk syarat kenaikan pangkat, maka rencana itu saya dukung dan fasilitasi. Lebih lanjut harapan Bahtiar agar kegiatan seperti ini perlu ditindak lanjuti dalam bentuk workshop para penyuluh di Sulawesi Utara.

Kegiatan BIMTEK, menghadirkan TIM kerja dari Badan Sumberdaya Pertanian dari Jakarta. Tim pusat yang hadir masing-masing Ir. Soemardi dan Joko SP.MM. sementara peserta menurut Ir.Rita Novarianto,MSi. selain para penyuluh di BPTP sendiri juga direncanakan sekitar 50 orang perwakilan Kelompok Jabatan Fungsional Penyuluh, masing-masing : Minahasa, Manado,Tomohon,Minsel, Bolmong dan Kepulauan Sangihe, Talaud dan Sitaro, akhirnya peserta hadir menjadi 70 lebih orang.

Menurut salah satu peserta dari Minahasa Johanis Rawung dari BP3K Kombi, "kegiatan ini sangat membantu kami sebagai penyuluh. Karena masalah kami banyak implementasi aturan yang belum tepat kami lakukan dalam menyusun PAK, sehingga banyak yang diusulkan tidak sesuai dengan perhitungan kami, dengan penjelasan ini kami mendapat penyegaran untuk menerapkannya.

Waktu tidak terasa, peserta masih antusias mengikuti, namun apalah daya, panitia hanya memberikan waktu 1 hari saja pertemuan ini. Semoga kegiatan bimbingan-bimbingan seperti ini boleh berlanjut seperti harapan kepala BPTP. Baik pusat dan daerah semoga saja mengalokasikan dana pemberdayaan SDM, semoga saja (*art).

LAST_UPDATED2
 
Budayakan Malu Tidak Kerja Dengan Baik: Arahan Kepala BBP2TP Ketika di BPTP Sulut PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Administrator   
Rabu, 02 April 2014 20:54

Di Manado Dr.Ir.Agung Hendriadi,M.Eng di dampingi Kepala Tata Usaha BBP2TP, memberikan pengarahan kepada seluruh Pegawai BPTP Sulawesi Utara: Saya mengajak kepada seluruh Pegawai di BPTP Sulawesi Utara, agar bekerja dengan baik "Budayakan Malu kalau Tidak Kerja dengan Baik". Perhatian pemerintah cukup tinggi, tunjukkan karya bakti kita yang tinggi pula. Kepada pegawai senior, pangkat yang tinggi, jadilah teladan yang baik bagi pegawai yang muda-muda.

Pemerintah memberikan anggaran untuk perbaikan kantor kita di Kalasey dan di Kebun Pandu, saya mengajak untuk direncanakan dengan baik, fisioner sehingga bermanfaat hingga 20 tahun ke depan. Investasi yang cukup besar ini, kita harus tunjukkan  manfaatnya bagi pelayanan untuk masyarakat.

Tahun 2014 ini akhir dari Rensra 2010-2014, kita tuntaskan pekerjaan  kita seperti pendampingan-pendampingan: PSDS,PAKH, MAP2RL,KRPL,SL-PTT Padi Jagung dan Kedele dan kita menatap Rensra baru 2015-2019 dengan 2 model kegiatan besar yaitu: Model Pembangunan Bio Industri Pertanian Berkelanjutan.

Masing-masing BPTP menyiapkan 2 lokasi 2 komoditas unggulan daerah. Model ini adalah blanding dari semua kegiatan kita di tahun 2014. Untuk itu saya minta BPTP Sulawesi Utara, segera menyusun konsep Bio Industri dan akan di workshopkan pada Mei pertengahan.

Setelah memberikan pengarahan, kepala BBP2TP bergegas untuk mengikuti acara pokok mewakili Kepala Badan Litbang Pertanian dalam acara seminar di Fakultas Peternakan Universitas Sam Ratulangi Manado.(*art).

Sumber: Arnold

LAST_UPDATED2
 
Litbang Pertanian Kembangkan Kampung Ternak PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Administrator   
Jumat, 28 Maret 2014 14:08

Upaya mendekatkan teknologi ke pengguna teknologi, dilakukan Badan Litbang Pertanian untuk menjawab kebutuhan inovasi-inovasi teknologi di masyarakat.

Sebagai penghasil teknologi pertanian, Badan Litbang Pertanian telah menemukan banyak inovasi-inovasi pertanian yang adaptif spesifik lokasi di berbagai daerah. Inovasi-inovasi dibidang pertanian, peternakan dan perkebunan.

Inovasi peternakan seperti hadirnya Ayam Kampung Badan Litbang: Ayam Kampung Unggul Badan Litbang (KUB). Dan berbagai inovasi teknologi lainnya telah dihasilkan Litbang Pertanian, untuk penuhi kebutuhan teknologi di masyarakat, termasuk kebutuhan bibit-bibit ternak unggul lokal di masyarakat relatif masih kurang di kenal masyarakat. Padahal inovasi ini telah diupayahkan para pemulia untuk penuhi kebutuhan masyarakat.

Sosialisasi pemasalan teknologi ayam kampung unngul Badan Litbang, melalui pengembangan Kampung Ternak, telah di laksanakan di Sulawesi Utara, tepatnya di BPTP Sulawesi Utara. Tim pembina BPTP elah memperkenalkan program ini dalam satu pertemuan yang dihadiri oleh para peneliti BPTP, Penyuluh di BPTP, Badan Kordinasi Penyuluhan Pertanian Sulawesi Utara, Dinas kabupaten kota di Sulawesi Utara, menjadi menarik dengan presentase para pakar tentang inovasi-inovasi peternakan hasil Litbang Pertanian.

Kadis pertanian Sulawesi Utara, memberikan apresiasi adanya rencana pembangunan Kampung Ternak di Sulawesi Utara. Dengan demikian kebutuhan teknologi petrnakan akan lebih dekat lagi bila sudah dikembangkan di BPTP Sulawesi Utara. Lebih lanjut Ibu Ir. Henny Kambey, menjelaskan kerjasama dengan BPTP di Bidang Peternakan, dimana ada beberapa peternak di SUlawesi Utara telah mengembangkan model peternakan sistem Tower dan sudah menghasilkan pupuk organik di masyarakat.

LAST_UPDATED2
 
Penyuluh Harus Pinter Akses IT PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Administrator   
Rabu, 26 Maret 2014 17:48

Yang tertinggal dalam Temu Kordinasi Penyuluh Pertanian Sulawesi Utara Senin 17 Maret 2014, di Sutan Raja Hotel Minahasa Utara.

Tantangan yang harus dijadikan peluang oleh para penyuluh pertanian kedepan adalah kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Kemampuan mengakses dan didukung dengan ketersediaan perangkat pendukung, menjadi sarana memudahkan para penyuluh dalam mendampingi petani di lapangan.

Tim kerja pengelolah website BPTP Sulawesi Utara dalam satu kesempatan bersama dengan para penyuluh pertanian se Sulawesi Utara (17/3), mengambil kesempatan tersebut untuk mensosialisasikan situs Litbang Pertanian www.litbang.deptan.go.id dan situs www.sulut.litbang.deptan.go.id

memanfaatkan waktu luang menunggu kehadiran para pemuka untuk membuka acara, tim kerja dor to dor memperkenalkan cara mengakses situs dan bagaimana menelusuri situs, untuk mencari informasi teknologi di dalamnya.

Upaya tim kerja ini mendapat sambutan dari para penyuluh. "kami dapat menyumbangkan tulisan di dalam situs ya?. Apakah ada kum bila kita menulis dalam situs ?" pertanyaan yang diutarakan para penyuluh ketika melihat situs yang memuat kegiatan-kegiatan kajian dan inovasi-inovasi yang sangat penting bagi petani.

Tim kerja juga memperkenalkan media audio visual hasil kerja tim yang telah ter upload melalui youtube, seperti: Swalayan Bagi Ternak, m-KRPL di Tombatu, Ajakan kepala Badan Litbang ber m-KRPL dan lain-lain materi lokal yang telah tersimpan di dunia maya, tinggal memanggil melalui alamat di situs dan youtube.

Setelah para penyuluh mencoba dengan menggunakan HP juga, dapat mengakses situs Kalender Tanam."sudah lumayan bila sudah ada dengan rekomendasi pemupukan dan varietas" kata seorang penyuluh dari kepulauan Talaud dan Sangihe serta penyuluh dari kota Bitung" salut untuk BPTP Sulut, imbuh seorang penyuluh. (*art).

 

sumber: Leonie Gosal,AP. dan Arnold C.Turang,SP.

LAST_UPDATED2
 
Kordinasikan Kegiatan BPTP di Kabupaten Minahasa PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Administrator   
Kamis, 20 Maret 2014 06:57

Tahun 2014, merupakan tahun kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, kata kepala BPTP saat memberikan pengarahan pada apel pagi pegawai di BPTP. Selanjutnya kepala BPTP menuju Minahasa,dalam rangka kordinasi dengan dinas terkati dan petani di lapangan, untuk pelaksanaan kegiatan-kegiatan BPTP yang akan dilaksanakan di Kabupaten Minahasa.

Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan bertalian dengan pendampingan SL-PTT, m-KRPL, Pendampingan Kedelai, PSDS-K, Pemetaan AZE skala 1:50.000 dan kegiatan-kegiatan pendampingan lainnya.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com